Hidup… Idol…

Posted: 13 Maret 2008 in Tips

Apa sebenarnya yang dapat kita pelajari dari maraknya acara idol atau kontes yang ditayangkan di televisi akhir-akhir ini, hal apa yang sebenarnya yang membuat orang suka untuk menyaksikannya atau setidaknya khususnya Saya pribadi, mengapa menyukainya?

Hal yang utama adalah adanya perjalanan, atau perkembangan, biasanya di awal-awal kontes para kontestan ngak terlalu bagus, cupu, masih banyak salah, dan banyak kekurangan lainnya, tapi lama kelamaan mereka berkembang, kemampuan membaik, pembawaan makin bagus, mulai nampak keren, kesalahan semakin minim, semakin kepada akhir semakin mendekati sempurna. Begitulah seharusnya kita membawa kehidupan kita, yang awalnya biasa-biasa saja, pelan-pelan kita perbaiki, untuk kemudian lebih baik, misalnya yang tadinya naik angkutan, meningkat naik motor, kemudian bawa mobil. Penyuguhannya pun ditata apik dan personal, sehingga seakan-akan kita merasa menjadi bagian dari kontestan tersebut.

Hal lainnya yang kita sukai dari Idol adalah kenyataan ternyata seorang bintang juga manusia, yang tak luput dari kesalahan dan ketidaksempurnaan, hal ini membuat kita merasa lebih baik dengan diri kita, paling tidak kita bisa berujar “Gua bisa lebih baik dari itu” atau “Orang kayakgitu aja bisa, apalagi Gua”. Melihat hal-hal seperti ini membuat kita melangkah meneruskan hidup di dunia yang tidak sempurna ini.

Kita belajar bahwa Idol memiliki tujuan, baik itu untuk menang, mendapatkan hadiah, dan menjadi terkenal. Walaupun langkah untuk mencapai keutamaan itu tidak gampang, bahkan terkadang harus membanting tulang, rela berkorban demi sesuatu yang ingin kita capai. Begitu juga dengan kehidupan, terkadang hidup kita dapat lebih berarti apabila kita memiliki tujuan hidup, sesuatu yang ingin kita capai dalam hidup ini, bahkan apabila pada akhirnya kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi setidaknya kita sudah berusaha, mencoba dan gagal adalah lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali. Setidaknya langkah kita punya arti.

Persiapan… persiapan… dan… persiapan, sesuatu yang harus dilakukan kontestan, untuk dapat melewati tantangan dengan baik, untuk dapat tampil dengan prima, untuk dapat disukai juri dan komentator. Hal ini juga tak lepas sesuatu yang nyata dalam kehidupan, bahwa kita bisa saja menjalani hidup apa adanya, tidak berkembang, tetapi ketika ingin agar kehidupan ini meningkat untuk menjadi lebih baik, maka kita harus melakukan persiapan, baik dari segi kemampuan, pengetahuan bahkan penampilan.

Pelajaran lain dari ajang kontes idol adanya “pelajaran” itu sendiri, kita sebagai penonton bisa belajar banyak dari apa yang dikatakan komentator, penampilan dari kontestan atau bahkan oleh pembawa acaranya. “Pelajaran” tersebut dapat kita aplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari atau cukup kita ketahui.

Hal terakhir yang kita dapatkan dari kontes idol adalah hiburan, bahwa hidup tidak selalu harus dibawa serius, kita terkadang membutuhkan hiburan untuk dapat melangkah bagi masa depan yang gemilang. Segala sesuatu di kehidupan ini tidak ada yang sia-sia, tapi terkadang kita tidak bisa melihat manfaat yang ada.

Yuda – Mar2008 – Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s