Membagi Waktu

Posted: 27 Maret 2008 in Tips

Seorang motivator terkenal Mario Teguh mengatakan, orang sukses membagi waktunya sehari hari menjadi 3 artinya dalam 24 jam waktu dibagi menjadi tiga, yaitu 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk istirahat dan 8 jam untuk bermain. Ia mengatakan jika seseorang dapat membagi waktunya menjadi 3 bagian tersebut, maka orang itu akan sukses.

Tapi kenyataannya kehidupan kita sehari-hari sangat susah untuk memastikan membagi waktu menjadi 3 bagian seperti yang dikatakan Mario Teguh. Misalnya karena sibuknya bekerja terkadang kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, bisa tidur 6 jam saja sudah bagus, apalagi harus tidur selama 8 jam, betapa nikmatnya dunia.

Daripada harus membagi tiap hari, coba kita bagi waktu kita dalam 1 minggu (7 x 24 jam) atau 168 jam. Dengan menggunakan rumus yang sama yaitu dibagi menjadi 3 bagian, maka kita memiliki 56 jam dalam seminggu masing-masing untuk bekerja, bermain dan istirahat.

Kita mulai yang paling rutin dalam keseharian kita yaitu bekerja, rata-rata orang bekerja dalam 1 hari dari jam 8 s/d jam 5 sore atau 9 jam ditambah 2 jam waktu perjalanan ke kantor maka waktu bekerja dalam 1 hari adalah 11 jam. Untuk 5 hari kerja maka kita butuh 11 x 5 = 55 jam kerja, artinya dalam 1 minggu kita hanya memiliki waktu 1 jam tambahan dalam seminggu untuk bekerja diluar jam kerja, jika dibagi rata maka tiap hari kita punya waktu 12 menit yang bisa kita gunakan di rumah, misalnya untuk menyiapkan diri untuk bekerja.

Kemudian waktu istirahat. Pada saat hari kerja rata-rata kita hanya bisa istirahat dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi atau 7 jam sehari, jika pada saat sabtu dan minggu kita istirahat pada waktu yang sama, maka kita istirahat 7 x 7 = 49 jam. Artinya kita masih kekurangan 7 jam dalam seminggu waktu istirahat kita, maka pada hari seperti sabtu minggu kita harus tidur siang maksimal 3,5 jam untuk menggantikan waktu istirahat tersebut.

Maka sisa waktunya adalah 168 (total waktu) – 58 (bekerja) – 58 (istirahat) = 58 jam, yaitu sisa waktu untuk bermain. Jangan menggunakan waktu yang harusnya untuk bermain bersama teman atau keluarga dengan bekerja. Gunakanlah sisa waktu tersebut untuk bermain secara maksimal, sehingga dapat menjadi orang yang sukses, dengan hidup yang seimbang.

Yuda – Mar2008 – Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s