Ketika Cinta Bertasbih : The Movie

Posted: 10 Oktober 2008 in Islam, Movie & Music
Tag:, , , , , , , , , ,

Salah satu film Indonesia yang mungkin sangat dinantikan adalah Ketika Cinta Bertasbih. Film ini diangkat dari novel Best Seller karya Habiburrahman Al Shirazy. Kabar terakhir dari media massa, para tim pembuat film ini yang terdiri dari Sutradara Chaerul Umam, Penulis Buku Habiburrahman Al Shirazy, Aktor senior Dedi Petet dan Artis Nino Warisman, telah menemukan 5 orang tokoh utama melalui audisi yang akan menjadi pemain dari film Ketika Cinta Bertasbih. Lebih lengkapnya dapat dilihat dari Web Ketika Cinta Bertasbih.

Film ketika Cinta Bertasbih diangkat dari Novel best seller yang terdiri dari dua jilid buku, secara ringkas kisahnya tentang perjuangan mahasiswa Indonesia yang bernama Azzam untuk mengeyam pendidikan di Mesir sekaligus juga harus menghidupi keluarganya di Indonesia. Dibungkus dengan alunan cerita yang islami membuat Novel Ketika Cinta Bertasbih, tidak hanya enak untuk dibaca tapi juga memiliki nilai-nilai pembelajaran agama Islam.

Penulis novel Ketika Cinta Bertasbih juga merupakan novel best seller yang juga sudah diangkat kedalam layar lebar yaitu Ayat-ayat Cinta. Kedalaman seni dan pengetahuan agama dari penulis merupakan modal tinggi yang membuat novel-novel karangannya memiliki nilai seni sekaligus agama yang tinggi.

Kapan jadinya film ini masih belum bisa dipastikan, tetapi banyak yang yakin film ini akan juga “boom”ing seperti Ayat-Ayat Cinta, Hidup Industri Perfilman Indonesia.

[Update, 12 Mei 2009]

Melihat plank iklan di daerah Senayan, film ini akan diputar di bioskop-bioskop di Indonesia pada hari Kamis, 11 Juni 2009. Sabar menunggu, berikut trailernya.

[Update, 8 Juni 2009]

Sesuai bukunya, film KCB akan dibagi menjadi 2 film, jadi siap-siap saja untuk menunggu film selanjutnya. Dari referensi membaca bukunya KCB pertama, masih agak kurang geregetnya, karena klimaks berada di buku kedua. Tapi tetap saja banyak karakter dan kisah yang menginspirasi dari kisah pertama ini.

Belajar dari pengalaman penggarapan film sebelumnya Ayat-Ayat Cinta, yang dirasa berbeda dengan novelnya, Kang Abik, panggilan Habiburrahman Al Shirazy, mengawal proses pembuatan film mulai dari audisi pemain, sampai pembuatan film, jadi para pembaca mungkin akan mendapatkan film yang tidak banyak berbeda, dengan karya novelnya.

[Update, 25 Agustus 2009]

Meneruskan kesuksesan film Ketika Cinta Bertasbih Bagian 1, kelanjutannya yaitu Ketika Cinta Bertasbih Bagian 2 akan mulai main di bisokop di Indonesia pada tanggal 17 September 2009, sepertinya Kang Abik dan teman-teman mau mengambil momentum Ramadhan dan Lebaran, mudah-mudahan sukses filmnya seperti juga bagian yang pertama. Berikut cuplikan filmnya.

Komentar
  1. umi kholifah mengatakan:

    assalaamu’alaikum….
    memang film ini banyak ditunggu masyarakat indonesia,tapi yg masih mengganjal dibenak sy knapa dinovel yg k2 kang abik tdk mengulas klanjutan kisah fadhil dan tentg pinangan hafez yg diamantkan kpd azam??!
    tp terlpas dr tu smua sy slalu mnanti dtayangkannya film KCB…smoga hasilnya sesuai dg harapn.amien….

  2. Yuda mengatakan:

    W3…
    Kang Abik kan emang belum kelar dengan cerita KCB, InsyaAllah bakalan ada buku ke-3, yang mungkin akan ada kelanjutan kisah Fadhil dan Hafez.

    Info aja kabar terakhir, kabarnya shooting KCB di Mesir udah kelar, kita tunggu aja tayangnya di Indonesia.

  3. Syauqie mengatakan:

    Terus terang saya kurang bisa menikmati saat membaca Novel KCB. Apalagi terdapat beberapa kerancuan, seperti saat Ana secara kebetulan bertemu Azzam sepulangnya Azzam dari Mesir. Saat itu Ana yang sebelumnya sudah mengenal Husna berniat berkunjung ke rumah Husna. Tetapi (seolah-olah) tanpa disangka-sangka Ana bertemu Abdullah di situ (Azzam). Kok Ana bisa sangat terkejut, seolah “INI SEBUAH KEBETULAN”, padahal pada saat yang bersamaan tokoh Ana juga mengatakan sudah melihat Husna dan juga Azzam di TV (ketika penyerahan award). Itu berarti bukan kejutan lagi kan…
    Dan masih ada beberapa bagian lagi yang mengganggu!
    Juga pada buku kedua, kang Abik terkesan ngebut. Seperti dikejar deadline.

    Tapi saya punya harapan baik film KCB bisa jauh lebih bagus dari bukunya. Jangan seperti Film ayat-ayat cinta, novelnya bagus tetapi filmnya lumayan mengecewakan. Apalagi ada adegan sepele yang sangat mengganggu. Saat Maria Tayamum (sebelum meninggal). Masa saat tangan diusap ke dinding (tayamum), terdapat cincin dijarinya. Tetapi saat diusap ke wajahnya, cincinnya nggak ada. Kok, mas Hanung bisa lupa ya? Filmnya juga seperti film India…..

  4. fajar mengatakan:

    semoga film ini membawa perubahan bagi pergaulan anak muda sekarang. kemarin aku seneng banget saat film ayat-ayat cinta akan di putar, harapanku film tu bisa memberikan contoh pergaulan yg islam. tp… ternyata malah menggambarkan kebodohan-kebodohan yg sangaaat bodoh. Ayat-ayat cinta sangat bagus di novelnya, tp hancur namanya gara-gara di buat film ma org yg kurang faham dengan islam. pesan-pesannya gak tersampaikan. kasihaaaaaaaaaan.

  5. pauzi mengatakan:

    assmkm. seluruh pemirsa indonesia yang sedang menantikan film kcb
    harap sabar kareana film akan launching tanggal 11 juni 2009
    semoga dengan ditayangkannya film ini masyarakat akan sadar bahwa film islam
    film yang membangkitkan semangat untuk senantiasa kita ingat kepada sang pencipta,,
    so kepada masyarakat harap membeli cd yang asli jangan di bajak ,,,ya kasian produsernya,,,
    kita sebagai masyarakat muslim harus saling menjaga dan mengerti hasil karya orang 2
    islam bangsa kita bangsa yang bermartabat dan penuh sopan santun….

  6. aulia mengatakan:

    syauqie lucu banget… bisa tahu hal sedetail itu… hm… jadi pingin tertawa… iya sieh… mingkin kang abik salah ngasi aac ke hanung film aac jadi jelek

  7. sadam90 mengatakan:

    sayang, banyak yang kepotong, mendustai pembaca novel

  8. dhanang mengatakan:

    Mas sadam90, misal semua yg ada di novel dimasukin.. kira2 filmnya bakal berapa jam? kalo jadi 4 jam anda mau nonton selama itu??

  9. arief billah mengatakan:

    aku sukaaaa buanget ma karangan abdr

  10. klewer mengatakan:

    segeralah hadirkan film kcb 2

  11. vie mengatakan:

    DUUUUUUUUUUUH DAH GA SABAR NICH NUNGGU KcB 2

  12. Much.Tholib mengatakan:

    saya nyesel ga bisa nonton kcb 2, cos aku dah di jawa ga da \BIOSKOP\ . padahal aku nonton kcb 1 sampe 2 kaliii. pokoknya klau bukan kita sendiri yang membanggakan film sendiri lantas siapa lagi????

  13. kemal mengatakan:

    aku pengen kcb 2 mih kaya seru abis
    deh – deh

  14. riyan mengatakan:

    film yang sangat bagus ditonton oleh semua orang…………………..
    yang gak nonton pasti nyesal……………………….

  15. Malla mengatakan:

    KCB 2 alhamdulillah ud tyng,wlopun gw blun nton . Kira2 limit nya mpe tgl brapa ya?

  16. isna mengatakan:

    q suka flim KCB x seru bnget…………………………..

  17. isna mengatakan:

    q suka novel x
    asyik n’ seru bnget…………..

  18. isna mengatakan:

    keren…………………………………

  19. damanhuri mengatakan:

    kang abik, kalo bisa lanjutin lagi novel kcbnya. daman rasa kalo dilanjutin pasti bakal lebih seru dan jadi penasaran kelanjutan kisah azam dan teman2nya serta dengan kisah keluarga azam dengan ana althafunisa

  20. Kang Asep mengatakan:

    ternyata pemeran alin cantik juga ketika mengenakan jilbab

  21. dewi mengatakan:

    kreeeeeeeeeeeen abissss deh

  22. suryani mengatakan:

    muda,mudahan ditahun 2010 ne makin banyak fillm2 religi………

  23. sarjoni mengatakan:

    filmnya ngetop banget dech pokoknya,,, gue aja udah mutarin film tuch berkali-kali… demam kcb kali ya,,

  24. Ijonk Maenxefalls mengatakan:

    downoad nya dman Gan.,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s