Manfaat Kopi

Posted: 20 November 2008 in Personal, Tips
Tag:, , , , , , , , , , , ,

image Kopi sudah menjadi konsumsi masyarakat secara umum, kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk dan sebagian juga percaya bahwa kopi membuat mereka berpikir lebih baik.


Satu hal yang jarang Saya lakukan adalah mengkonsumsi kopi, kopi (rasanya) membuat jantung saya berdebar-debar. Tapi ada kalanya kopi menjadi sahabat setia, yaitu ketika menjalani rutinitas kuliah malam pada saat mengambil gelar master. Sepertinya pada saat itu kopi benar-benar dapat memberikan tenaga ekstra untuk kuliah, dan dapat menghilangkan rasa kantuk. Hueh…. that old days, kadang-kadang ngerjain tugas kelompok di kampus sampe jam 1 malam.

Untuk berbagai daerah, kebiasaan minum kopi sudah dimulai dari kecil, misalnya Ayah mertua Saya yang berasal dari Padang sudah mulai minum kopi sejak di bangku SD, bentuk aktualisasi diri sebagai pria, termasuk juga merokok. Sampai sekarang beliau setiap selesai makan, kopi menjadi dessert yang harus, hasilnya sampai sekarang… alhamdulillah Beliau sehat walafiat.

Sedikit sejarah kopi, kopi adalah minuman stimulan yang secara luas dikonsumsi, berasal dari biji kopi (coffee beans) yang dipanggang. Biji kopi berasal dari tanaman kopi. Kopi pertama kali diketahui dikonsumsi pada abad ke-9, ketika ditemukan di dataran tinggi Etiopia. Dari situ, kemudian menyebar ke Mesir dan Yaman, dan pada abad ke-15 telah mencapai Azerbaijan, Persia, Turki, dan Afrika bagian Utara. Dari dunia muslim kopi menyebar ke Itali, dan Eropa lainnya, selanjutnya Indonesia dan Amerika. Sekarang kopi merupakan minuman yang paling populer di seluruh belahan dunia.

image

Gambar diatas menunjukkan penyebaran penanaman kopi di dunia, “r” adalah kopi robusta, “m” adalah kopi robusta dan kopi arabica dan dan “a” adalah kopi arabica.

prod_kopi_dunia

Tabel diatas menunjukkan produksi kopi dunia (diambil dari FOA of UN: Eco. & Social Dept.). Posisi Indonesia adalah penghasil kopi no 4 terbesar di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Colombia. My Personal Oppinion jika distatistik dengan benar mungkin kita merupakan penghasil kopi terbesar no 1 di dunia, masa sih kalah ama Vietnam :-p

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini para ilmuan (yang mengkonsumsi kopi) mencari pembenaran untuk meminum kopi, sebenarnya ada ngak sih manfaatnya untuk mengkonsumsi kopi, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kopi:

  • Suatu penelitian yang dilakukan pada Agustus 2005 di University of Scranton menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan no 1, senyawa penting yang melindungi tubuh dari penyakit. Antioksidan adalah pasukan yang melindungi Anda dari racun radikal bebas, yang didapat dari menghirup oksigen dan mengkonsumsi gula, yang menyebabkan penyakit kronik. Antioksidan menghambat perkembangan kangker, penyakit jantung, diabetes dan stroke.
  • Kopi merupakan minuman kejutan energi, besok anda ada ujian atau nanti malam harus kerja lembur, coba konsumsi kopi. Tidak lama setelah tegukan pertama, caffein secara ajaib akan menyebabkan pelepasan dopamine. Dopamine adalah kimia otak yang merangsang area yang bertanggung jawab pada sinyal berjaga (alertness), penyelesaian masalah dan kesenangan. Anda akan merasa lebih aktif, lebih tajam dan lebih peka dan juga dapat meningkatkan mood anda secara ringan.
  • Sebuah penelitian di Austria baru-baru ini mengenai akibat dari 100 mg caffein pada aktifitas otak, memperlihatkan peningkatan kekuatan otak untuk 45 menit. Jadi untuk pertemuan penting Anda selanjutnya minumlah secangkir kopi.
  • Karena kopi meningkatkan sistem saraf pusat, yang dapat menyebabkan peningkatkan kecepatan detak jantung dan kecepatan nafas, yang keduanya dapat menyiapkan tubuh untuk performa terbaik. Caffein juga dapat memiliki efek langsung kepada otot, begini penjelasannya: Kalsium dilepaskan dalam serat otot, agara serat tersebut berkontraksi, dan kafein dapat mencegah penerima adenosine untuk serat otot, yang menyebabkan aktifitas elektrik yang memompa aktivitas pelepasan kalsium, singkatnya hasilnya adalah kontraksi otot. Jadi untuk hasil maksimal pada saat fitness minumlah kopi, yaitu 140 sampai 400 mg untuk 40 sampai 60 menit latihan.
  • Kopi diketahui untuk mengurangi produksi DHEA dan hormon anti-aging (kontra penuaan) lainnya, jadi dengan mengkonsumsi kopi untuk terlihat dewasa, ini adalah cara yang sangat baik untuk mencapai keinginan tersebut (heh, bukannya ini kerugian yah🙂 )

Wow setelah membaca keuntungan dari meminum kopi mari kita ke Starbucks, eits nanti dulu… mari kita lihat kerugiannya dulu:

  • Kopi membuat noda di gigi, apalagi digabung denga merokok, ngak percaya, coba ajah. Juga, Kopi membuat nafas anda bau, hati-hati mendekati pasangan Anda setelah minum kopi, kecuali pasangan Anda tergila-gila dengan bau kopi.
  • Caffein menstimulasi kelenjar adrenalin, yang dapat meningkatkan tingkat stres sampai dengan 18 jam, bayangkan dengan minum kopi Anda bisa stres 18 jam. Bekerja di lingkungan yang stressful, dengan minum kopi dapat meningkatkan kegelisahan dan teman-temannya, jadi hidari yah.
  • Penelitian menunjukkan peminum berat kopi terbukti memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung. Tapi ini perlu dipertanyakan juga, karena peminum berat kopi juga perokok yang berat, jadi resikonya mungkin bukan dari kopi, tapi dari rokok.
  • Kopi juga menyebabkan kecanduan, walaupun tergantung pada umur dan berat seseorang. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi anda.
  • Kopi diketahui untuk mengurangi produksi DHEA dan hormon anti-aging (kontra penuaan) lainnya, jadi dengan mengkonsumsi kopi untuk terlihat dewasa, ini adalah cara yang sangat baik untuk mencapai keinginan tersebut (hmm… kayaknya sebelumnya udah ya, bagi sebagian orang ini adalah kerugian🙂 )

Jadi… what the hell… Let me just take a sip of my morning coffeee… ahh… refreshing…🙂 Ngak tau nih hari ini lagi pengen banget minum kopi, sekali-kali boleh dong. Tips untuk membuat secangkir kopi yang enak (menurut Saya), 1 sendok kecil Nescafe, 2 sendok kecil gula, campur air panas, kemudian campurkan 2 sendok kecil CoffeeMate. Hmm… delicious

(Yuda)



Update, 20 Jan 2010

Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s