Tips Menghadapi Boss Ambisius dan Semena-mena

Posted: 15 Januari 2009 in Tips
Tag:, , , , , , , ,

workplacebulliesAtasan di lingkungan kerja terkadang adalah orang yang menyenangkan, enak diajak kerjasama, mau down to earth dengan bawahnya, tidak bossy, tetapi kenyataannya lebih sering atasan itu kebalikan dari orang yang menyenangkan, bisa karena tuntutan jabatan atau memang sifat atasan itu yang negatif.

Berikut ini tips atau cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi boss yang ambisius dan semena-mena, ingat ambisius dan semena-mena, artinya boss ini memang mungkin punya sentimen negatif terhadap anda, sehingga memperlakukan anda tidak sebagaimana mestinya

  1. Melakukan pendekatan kepada atasan Si Boss, bisa dengan cara negatif, yaitu dengan melaporkan apa yang dilakukan Si Boss kepada atasannya atau cara positif, dengan melakukan pendekatan baik profesional maupun personal kepada atasan Si Boss, sehingga beliau menghargai keberadaan anda, sehingga otomatis Si Boss sebagai bawahan mau ngak mau harus bisa menghargai anda.
  2. Melakukan pendekatan pada si Boss, terkadang terjadi masalah-masalah sepele, yang memang bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik, introspeksi diri anda kenapa si boss sentimen sama anda, buat perubahan secara bertahap dan lakukan hal yang memang disukai si Boss. Misalnya, mungkin saja Si Boss merasa posisinya terancam oleh keberadaan anda, yakinkan si Boss bahwa posisi anda adalah mendukung Si Boss untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Outstanding Achivement, mungkin anda perlu melakukan pembuktian kepada orang-orang di perusahaan, tidak cukup melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab saja, lebih dari itu, lakukan 1 langkah di depan dari Si Bos.
  4. Networking, perkuat posisi dengan mencari dukungan dari rekan-rekan yang lain, baik dalam 1 departemen atau dalam departemen lainnya, semakin banyak yang mendukung anda, semakin kuat posisi anda dalam perusahaan.
  5. If all fails, mulai melamar ke tempat lain, kalau memang sudah dapat kerjaan lain yang baru, baru deh gebrak2 meja si Boss🙂

Semoga Bermanfaat

Komentar
  1. Mr vegas mengatakan:

    bagus jg idenya,,v da ga ide ato cara untuk melakukan ato menerapkan langkah2 diatas,,misalnya cara ato langkah2 apa untuk mencari dukungan terhdp rekan kerja ato bos,,tentunya dengan cr yg positif

  2. Yuda mengatakan:

    emang ada problem apa mr vegas, mungkin bisa dikasih masukan?

  3. takeshisg mengatakan:

    thank pak yuda jadi paham ni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s